Cara Mengatur Linetype Scale di AutoCAD ~ DYJ Tutorial

Cara Mengatur Linetype Scale di AutoCAD

Seperti yang kita ketahui dalam menggambar kita perlu menotasikan sebuah objek dengan berbagai jenis garis, bisa itu garis putus-putus, garis lurus ataupun garis putus titik. Di AutoCAD jenis-jenis garis tersebut disebut dengan linetype, adapun berbagai banyak jenis garis atau linetype yang sudah disediakan AutoCAD.

Kadang saat kita sudah memilih linetype yang kita inginkan namun hasilnya masih kurang pas dengan yang harusnya kita inginkan. Banyak kasus seperti saat kita membuat garis putus-putus, tetapi entah kenapa hasilnya malah menjadi garis lurus biasa. Mengapa ini bisa terjadi? hal ini karena garis putus-putus yang kita buat memiliki skala yang terlalu kecil atau terlalu besar sehingga tidak akan terlihat garis putus-putusnya.
Maka dari itu di AutoCAD ada yang disebut dengan linetype scale, Apa itu linetype scale?. linetype scale merupakan skala atau ukuran dari sebuah garis. Apakah linetype scale itu penting? tentu saja. Mengapa linetype scale itu penting? seperti yang sudah saya contohkan di atas, garis jika kita tidak beri sebuah jarak maka bisa saja garis tersebut tidak akan cocok dengan gambar yang kita inginkan.

Bagaimana Cara Mengatur Linetype Scale di AutoCAD? Berikut Caranya !
1. Pertama yang harus kalian lakukan adalah pilih linetype yang ingin kalian gunakan, Caranya :
  1. Klik linetype yang berada di Tab Home bagian properties.
  2. Klik other untuk memilih linetyle lainnya.
  3. Maka akan muncul tampilan linetype manager, lalu Klik Load.
  4. Maka akan muncul berbagai jenis garis yang bisa kalian pilih, sebagai contoh saya akan menggunakan linetype ACAD_ISO4W100, Lalu Klik Ok.
2. Selanjutnya kita akan mengubah skalanya dengan cara :
  1. Lanjut di tampilan linetype manager, di bagian global scale factor gantilah dengan angka atau ukuran yang anda inginkan, misal saya menggunakan ukuran tiga (3).
  2. Lalu, Klik Ok
3. Aplikasikan lah linetype di AutoCAD dengan cara membuat garis dengan perintah LINE, Jangan lupa untuk memilih linetype yang sudah kamu buat tadi.
4. Jika, menurut kamu ukuran skala masih belum sesuai gunakanlah cara yang sama untuk mengubah angka atau scale nya.

Catatan :
Mengubah linetype scale dengan cara di atas akan mengubah kesuluruhan linetype scale yang kamu buat. Artinya jika kamu menambahkan linetype jenis lainnya lagi maka scale atau ukurannya akan sama dengan scale yang sudah kamu buat di awal.

Lantas, bagaimana caranya membuat scale dengan linetype yang berbeda juga?. Berikut Caranya !
1. Buatlah dahulu linetype yang ingin kamu gunakan.
2. Blok line yang ingin kamu ubah skalanya
3. Tekan ctrl + 1
4. Nanti akan muncul tampilan Properties, lalu pada bagian Linetype Scale ganti saja dengan angka atau ukuran yang kamu inginkan.

5. Maka, linetype tertentu yang ingin kamu ubah scalenya sudah berubah.

Setelah tahu langkah-langkah mengatur linetype scale, tentu kamu sudah tidak bingung lagi bukan?. Ingat ya, ketika kamu ingin mengganti linetype namun tidak ada perubahan yang terjadi itu artinya kamu harus mengatur linetype scalenya terlebih dahulu. Walaupun kedengarannya sedikit sepele tetapi linetype scale ini cukup berpengaruh juga terhadap gambar yang kita buat apalagi ketika gambar yang ingin kita cetak, akan sangat terlihat jelas kejanggalannya bila kita salah dalam mengatur linetype scale. Bisa jadi garis menjadi tidak terlihat akibat dari scale yang terlalu besar, Maka dari itu penting sekali untuk mengatur linetype scale sebelum menggambar dan mengecek ulang gambar dahulu sebelum dicetak di kertas.
Previous
Next Post »

2 Comments

  1. Saya sudah mencobanya , namun tetap tidak bisa . Mengapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, apakah kk sudah mengikuti semua tutorial yang sudah saya tulis di atas?

      Hapus