Cara Membuat Layer Di AutoCAD ~ DYJ Tutorial

Cara Membuat Layer Di AutoCAD

Layer merupakan salah satu fasilitas yang ada di AutoCAD yang membantu penggunanya untuk membedakan suatu objek dengan objek lainnya. Misalnya terdapat objek yang tidak ingin kita cetak maka kita bisa atur di layer ini. Selain itu juga dalam sebuah gambar terdapat gambar dengan garis tipis maupun garis tebal yang juga bisa dengan mudah kita atur di AutoCAD ini.
Baca : Cara Memasukkan Image ke AutoCAD
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Pertama kalian klik Layer Properties yang letaknya di tab home.
2. Maka akan muncul tampilan Layer Properties Manager, kita harus membuat layer baru dengan cara klik logo New Layer atau tekan Alt + N.

3. Ketiklah layer dengan nama yang kalian inginkan, lanjutkan terus sehingga semua layer yang kalian inginkan terisi semua.

4. Sekarang, kita akan masuk ke pengeditan, pertama yang perlu kalian perhatikan adalah warna nya silakan kalian ganti warna dengan cara klik warna kotak putih di kolom color. Lalu pilihlah warna yang kalian inginkan, klik Ok.

5. Untuk jenis garis kalian klik continuous yang letaknya ada di kolom linetype. Nanti akan muncul tampilan Select Linetype lalu klik Load untuk mengganti linetype. Pilihlah linetype yang kalian inginkan. Klik Ok.

6. Selanjutnya perhatikan kolom Lineweight, klik Default untuk menggantinya. Disini kalian bisa pilih ketebalan garis yang kalian inginkan. Setelah selesai klik Ok.
7. Pada kolom Transparency kalian bisa mengubah garis agar terlihat lebih transparan dari garis lainnya, kalian bisa klik 0 yang berada di kolom transparency lalu ketik level transparansi yang kalian inginkan.
8. Ada juga pilihan Plot Style yang berfungsi untuk mengganti bentuk plot yang kalian inginkan. Caranya juga sama klik Normal yang berada di kolom plot style. Maka akan muncul tampilan plot style lalu perhatikan bagian active plot style yang terdapat menu dropdown yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan. Lalu akan muncul lagi pilihan di kotak plot style, pilihlah lagi, klik ok.

9. Lalu untuk mengatur apakah objek di layer tersebut ingin dicetak atau tidak kalian bisa mengubahnya di kolom Plot dengan cara meng-Klik gambar printer di kolom Plot. Jika terdapat lambang merah artinya objek yang berada pada layer tersebut tidak akan bisa dicetak tetapi apabila terdapat gambar printer saja maka layer tersebut masih bisa dicetak.

Catatan : 
  1. Terdapat nama layer khusus yang membuat layer tersebut otomatis tidak akan bisa dicetak di kertas yaitu Defpoints, kalian bisa menggunakan layer ini jika ada beberapa objek yang tidak ingin kalian cetak.
  2. Untuk Lineweight tidak akan bisa terlihat di layar AutoCAD, kalian bisa melihat perbedaan lineweight hanya saat gambar sudah tercetak atau saat preview gambar sebelum di cetak.
Setelah selesai membuat layer, sekarang mulailah mengaplikasikannya langsung di AutoCAD, caranya ketika kalian ingin menggambar pilih layer yang ingin kalian gunakan dengan klik Menu dropdown layer yang bentuknya memanjang di atas atau yang seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Nah, itu dia tutorial membuat layer di AutoCAD, Ingat ya sebelum menggambar selalu buat layer di awal terlebih dahulu agar memudahkan dalam menggambar nantinya. Karena jika kita membuat layer di akhir maka akan menjadi lebih sulit untuk mengaturnya. Setelah paham mengenai cara membuat layer sekarang mulailah mencobanya langsung di AutoCAD kalian sesuai dengan tutorial di atas.
Previous
Next Post »