Tutorial Memanjangkan Objek dengan Menggunakan Perintah Lengthen di AutoCAD ~ DYJ Tutorial

Tutorial Memanjangkan Objek dengan Menggunakan Perintah Lengthen di AutoCAD

Sebelumnya saya sudah memposting cara memanjangkan objek dengan perintah stretch dan juga perintah extend di AutoCAD. Pada kali ini saya igin membagikan cara untuk memanjangkan objek dengan menggunakan perintah lenghten. Perintah lengthen adalah teknik atau cara untuk memanjangkan objek sesuai dengan jarak yang kita mau, jadi kita tinggal mengetik angka atau panjang garis yang kalian inginkan. Berikut adalah tutorial cara memanjangkan objek dengan menggunakan perintah lenghten

1. Siapkan objek yang ingin kalian panjangkan. Misalnya saya disini menggunakan garis berjarak 2000 mm dan ingin saya panjangkan menjadi 3000 mm artinya ada pertambahan garis sebesar 1000 mm.

2. Ketik len untuk mengaktifkan perintah lenghten lalu tekan enter.

3. Lalu ketik de untuk mengaktifkan perintah delta tekan enter.

4. Nah, ini merupakan langkah terpenting, disini kalian tinggal mengetik angka atau jarak garis atau objek yang ingin kalian panjangkan. misalnya kalian ingin menambah panjang sebuah garis sebesar 1000 mm, maka ketik angka 1000 lalu tekan enter. (silakan sesuaikan dengan satuan yang sudah kalian atur di AutoCAD ya dengan menggunakan perintah un (UNITS).

5. Selanjutnya kalian tinggal klik objek yang ingin kalian panjangkan, maka otomatis garis akan bertambah panjang sebesar 1000 mm.

6. Sekarang kita cek panjang garisnya, garis sudah bertambah panjang menjadi 3000 mm.

Nah itu saja merupakan tutorial cara untuk memanjangkan garis dengan menggunakan perintah lenghten. Lenghten ini bisa kalian gunakan pada saat-saat tertentu sesuai dengan kebutuhan gambar kalian masing-masih. Maksudnya perintah lenghten digunakan bila kalian sudah tahu jarak atau angka yang kalian butuhkan untuk memanjangkan objek yang kalian inginkan. Namun, jika nilai angka yang digunakan untuk memanjangkan garis ini belum diketahui atau ada acuan lain yang digunakan untuk memanjangkan objek, kalian bisa menggunakan cara memanjangkan garis dengan metode atau perintah lainnya seperti stretch dan extend. Untuk tutorialnya kalian bisa lihat di artikel saya sebelumnya semua sudah saya jelaskan. Di artikel selanjutnya saya akan mencoba membuat perbedaan ketiga perintah cara memanjangkan garis di AutoCAD agar kalian bisa dengan mudah untuk membedakannya.
Previous
Next Post »