Tutorial Cara Membuat Garis Lengkung Menggunakan Perintah ARC di AutoCAD ~ DYJ Tutorial

Tutorial Cara Membuat Garis Lengkung Menggunakan Perintah ARC di AutoCAD

Dalam menggambar, kadang kita perlu untuk membutuhkan garis berupa garis lengkung, maka dari itu di AutoCAD sendiri kalian bisa membuat garis lengkung menggunakan perintah ARC atau garis busur di AutoCAD dapat dibuat dengan berbagai macam metode yaitu dengan menggunakan gabungan dari start, center, end, length, angle, dan lain-lain. Semua metode tersebut dapat kalian buat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Sebelum lanjut ke tutorialnya, kalian harus mengenal komponen-komponennya terlebih dahulu, berikut komponen untuk membuat ARC
1. Start Point
Start point merupakan titik awal kamu dalam membuat arc(garis lengkung) atau busur lingkaran, namun di autocad sendiri titik start tidak selalu langkahnya berada di awal namun posisi titik start selalu tetap dan tidak akan berubah.
2. Center
Center merupakan titik tengah dari arc atau garis lengkung, walau pun disebut titik tengah, sama seperti titik start, titik center tidak selalu langkahnya selalu ada di tengah namun posisi nya akan selalu tetap di tengah. Bagian tengah yang dimaksud adalah anggap busur adalah sebuah lingkaran, titik pusat dari lingkaran tersebutlah yang disebut titik center.
3. Angle
Angle dalam Bahasa Indonesia berarti sudut, sesuai dengan namanya komponen angle membantu kita dalam membuat arc atau garis lengkung dengan sudut yang kita inginkan, metodenya pun ada berbagai macam, penjelasan lebih lanjut akan dijelaskan di bawah ini.
4. Length
Length merupakan Panjang, disini Panjang yang dimaksud adalah jarak dari titik start ke titik end, mengenai contoh sudah saya berikan pada penjelasan di bawah.
5. End
End merupakan titik akhir dalam pembuatan arc atau garis lengkung di AutoCAD, disini titik end posisi dan langkahnya selalu ada di akhir dalam pembuatan arc tergantung dari metodenya masing-masing.
6. Direction
Direction adalah arah, jadi dalam membuat arc kita bisa menentukan arahnya untuk membuat garis lengkung.
7. Radius
Radius adalah merupakan jari-jari, jika bingung anggap busur tersebut adalah sebuah lingkaran, di dalam lingkaran ada yang disebut jari-jari, nah jari-jari tersebutlah merupakan radiusnya.

Berikut adalah tutorial cara membuat garis lengkung dengan menggunakan perintah arc di AutoCAD dengan berbagai metode :
1. 3 - Point
Cara pertama adalah menggambar arc dengan 3 titik, caranya cukup mudah, klik 3 titik dalam membuat arc atau garis busur
2. Start, Center, End
Adalah membuat arc dengan 3 langkah yaitu dengan klik titik start, lalu titik center dan titik end

3. Start, Center, Angle
Membuat arc dengan menggunakan sudut, dengan 3 langkah juga yaitu klik titik start, lalu klik titik center, dan tentukan angle atau sudutnya, susdut yang dimaksud bisa dilihat pada gambar di atas

4. Start, Center, Length
Membuat arc dengan cara klik titik start, lalu klik titik center, lalu ketik nilai length atau nilai panjangnya, nilai Panjang yang dimaksud ada pada gambar di atas

5. Start, End, Angle
Yaitu membuat arc dengan cara klik titik start, lalu tentukan titik end, terakhir tentukan angle atau sudutnya

6. Start, End, Direction
Yaitu membuat arc dengan menggunakan titik start, lalu titik end, terakhir tentukan direction atau arah nya, kalian juga bisa menentukan sudut nya dengan mengetik nilai sudutnya.
7. Start, End, Radius
Dengan cara menggunakan titik start, lalu klik titik end, lalu ketik nilai radius atau jari-jari dari arc tersebut, untuk lebih jelasnya ada pada gambar di atas

8. Center, Start, End
Yaitu membuat arc dengan cara klik titik center terlebih dahulu lalu klik center, lalu pilih titik start, dan yang terakhir adalah titik akhir atau end

9. Center, Start, Angle
Yaitu dengan cara klik titik center, lalu titik start, dan terakhir ketik sudut atau angle nya, untuk sudut yang di bentuk ada pada gambar di atas

10. Center, Start, Length
Yaitu dengan cara klik titik center, lalu titik start, terakhir tentukan length, dengan cara mengetik angka yang kalian inginkan.
Nah itu tadi penjelasan mengenai pembuatan garis lengkung menggunakan perintah arc di AutoCAD, jika ada pertanyaan atau masih kebingungan bisa langsung tanya melalui komen di bawah ini ya.
Previous
Next Post »