Tutorial Cara Membuat Denah dengan Autocad ~ DYJ Tutorial

Tutorial Cara Membuat Denah dengan Autocad

Sebagai mahasiswa Teknik sipil, membuat denah dengan AutoCAD merupakan tugas menggambar pertama yang harus dilakukan. Terkadang dosen tidak memberikan istruksi untuk cara menggambar di AutoCAD jadi kita diwajibkan untuk belajar aplikasi Autocad ini secara mandiri. Sebenarnya untuk menggambar denah saja tidak begitu sulit apabila kalian sudah memahami Teknik-Teknik dasar perintah di AutoCAD. Tetapi jujur saja ketika saya mendapat tugas membuat denah dengan AutoCAD, saya sedikit bingung harus memulainya dari mana dan bagaimana. Saya yakin begitu juga dengan kalian yang membaca tulisan ini. Nah, sebelum kalian memulai menggambar ada baiknya kalian membaca artikel saya mengenai Teknik dasar AutoCAD agar lebih mudah memahami tutorial di bawah ini. Baiklah langsung saja berikut tutorialnya :

1. Aturlah dahulu satuan yang ingin kalian gunakan, nah untuk tutorial kali ini saya menggunakan satuan mm. Untuk cara mengatur satuan silakan baca artikel saya mengenai Tutorial Setingan Awal AutoCAD.
2. Buatlah layer yang sesuai dengan kebutuhan anda saat menggambar nanti, berikut contohnya :
Baca : Cara Membuat Layer di AutoCAD
3. Lalu mulailah menggambar, Pertama buatlah dahulu denah lantai 1 terlebih dahulu, buat garis As yang sesuai dengan bentuk denah anda dan jangan lupa juga berikan ukuran yang sesuai dengan denah anda dengan menggunakan perintah line atau polyline sesuai dengan keinginan. Jangan lupa pilih layer As agar lebih mudah membedakan garisnya

4. Buat kolom sesuai dengan rancangan denah anda, sebagai contoh menggunakan kolom praktis dengan ukuran 150 x 150 mm dan juga kolom Utama dengan ukuran 250 x 250 mm dengan menggunakan perintah rectangle.

5. Hapus garis As yang berada di dalam kolom, Caranya ketik tr + enter untuk mengaktifkan perintah trim lalu hapuslah bagian garis As yang tidak diperlukan.

6. Lalu arsir lah kolom dengan menggunakan perintah hatch. Gunakan arsiran AR-CONC dengan skala 1, silakan untuk skala disesuaikan saja dengan keinginan.

7. Buatlah tembok disekeliling As dengan menggunakan perintah multiline dengan ukuran 110 mm. Caranya ketik ml + j + z + sc + 110 enter, lalu mulailah menggambar tembok. Atau bisa juga gunakan perintah rectangle.

8. Lalu, arsilah tembok dengan menggunakan perintah hatch dengan jenis ANSI32 dengan skala 13.

9. Buatlah dinding plesteran, caranya hampir sama dengan langkah no 7 yaitu dengan cara mengaktifkan perintah multiline atau rectangle. Tetapi dimensi yang digunakan adalah 150 mm.

10. Denah sudah hampir jadi, copy denah lantai 1 yang sudah anda buat sebagai referensi untuk denah lantai 2. Lalu, modifikasi lah denah lantai 2 sesuai dengan rencana anda dengan menggunakan perintah erase, trim dan stretch.

11. Selanjutnya, letakkan pintu di dalam denah lantai 1 dan lantai 2 sesuai dengan gambar rencana yang kalian inginkan. Ingat sesuaikan arah membuka pintu dan menutup pintu. Gunakan perintah copy untuk meletakkan pintu ke dalam denah. Lalu gunakan perintah trim untuk menghapus garis yang tidak diinginkan.
12. Sekarang, letakkan notasi jendela pada denah. Caranya sama seperti meletakkan pintu ke dalam denah yaitu dengan perintah copy atau move. Berikut contoh denah yang sudah berisi pintu dan jendela :

13. Buatlah gambar tangga dengan menggunakan perintah line, lalu untuk memperbanyak garis gunakan perintah offset. Ingat perhatikan lebar tangga, tinggi anak tangga beserta jumlah anak tangga. Sebagai contoh saya menggunakan jarak lantai 1 dan 2 dengan tinggi 3500 mm, sedangkan untuk lebar tangga saya menggunakan ukuran 300 mm. Isi juga angka yang menandakan jumlah anak tangga seperti gambar di bawah ini

14. Selanjutnya lengkapilah denah dengan furniture dengan menggunakan design center.
15. Lalu berikan keterangan ruangan dan juga elevasi pada denah dengan perintah text atau mtext. Sehingga hasil akhir gambar akan menjadi seperti di bawah ini
Nah, itu dia Cara Membuat Denah dengan AutoCAD. Seperti yang kalian lihat di atas, gambar masih berupa denah di dalam rumah saja. Untuk denah lanjutan di bagian halamannya bisa kalian desain saja dan sesuaikan dengan luas tanah nya. Mungkin akan saya berikan juga tutorial denah untuk halamannya setelah ini, maka dari itu ikutin terus update dari blog ini. 
Previous
Next Post »

2 Comments

  1. Tutorial ini sangat membantu kami https://agengambar.com/ untuk meningkatkan karyanya. semoga bermanfaat

    BalasHapus