Cara Membuat Text atau Tulisan di AutoCAD ~ DYJ Tutorial

Cara Membuat Text atau Tulisan di AutoCAD

Text atau tulisan memiliki peranan penting dalam sebuah gambar. Mengapa? karena tentu sebuah gambar jika tidak diisi dengan sebuah text/keterangan maka akan membingungkan bagi pembacanya. Begitupun juga di AutoCAD agar seluruh penggunanya bisa memberikan tulisan dengan mudah AutoCAD sudah menyediakan fasilitas text untuk membuat tulisan di AutoCAD. Terdapat dua perintah yang bisa digunakan untuk membuat text yaitu text dan mtext, kedua metode ini penting menurut kebutuhan masing-masing orang.

Cara Membuat Text dengan MTEXT
1. Ketik MT pada layar lalu enter/space, sehingga command MTEXT aktif.
2. Lalu, buatlah bentuk segi empat sebagai tempat untuk membuat text, jika tidak tahu ukuran kira-kira kalian bisa membuat segi empat dengan sembarang ukuran saja. Karena jika segi empat tidak cukup ataupun kebesaran bisa kalian edit nantinya setelah text yang kalian inginkan jadi.

3. Nah, lalu ketik tulisan yang ingin kalian buat.
4. Lalu, untuk mengakhiri tekan di sembarang tempat layar AutoCAD.
5. Text yang kalian inginkan sudah jadi.
Cara Membuat Text dengan TEXT
1. Ketik TEXT pada layar, tekan enter/space.
2. Klik di sembarang tempat layar AutoCAD atau titik awal tempat kamu ingin meletakkan tulisan lalu seret ke sembarang tempat juga(tergantung jika kalian ingin membuat tulisan horizontal seretlah secara horizontal juga namun jika ingin membuat tulisan vertical seret juga secara vertical atau dengan kemiringan yang kalian inginkan)

3. Lalu, ketiklah tulisan yang kalian inginkan.
4. Maka, text yang kalian butuhkan sudah jadi.

Cara Edit Text atau Tulisan di AutoCAD
Terkadang tulisan atau text yang sudah kita buat ini masih tidak sesuai juga dengan yang kita inginkan baik itu gaya tulisannya ataupun ukuran tulisannnya. Eitss.., tenang saja AutoCAD juga sudah menyediakan fasilitas untuk memodifikasi text agar sesuai dengan keinginan masing-masing.
1. Klik doble tulisan yang sudah kalian buat.
2. Nanti akan otomatis muncul tab text editor.

3. Blok dahulu tulisan yang ingin di edit, lalu mulailah memilih jenis tulisan, ukuran tulisan maupun warna tulisan, semua sudah tersedia di AutoCAD.
4. Jika sudah selesai, klik di sembarang tempat untuk mengakhiri.

Cara Memodifikasi Text atau Tulisan di AutoCAD
1. Klik TC pada layar untuk mengaktifkan command TCASE.
2. Lalu, pilihlah objek yang ingin kamu modifikasi, lalu tekan enter/space.
3. Pilihalah jenis modifikasi yang kamu inginkan.
Berikut adalah pilihan modifikasinya :

Sentence case = Membuat tulisan seperti dalam sebuah kalimat, artinya huruf di awal kata berjenis huruf kapital.
lowercase = Membuat tulisan dengan jenis huruf kecil seluruhnya
UPPERCASE = Membuat tulisan dengan jenis huruf kapital seluruhnya
Title = Membuat tulisan dengan bentuk seperti sebuah judul, artinya huruf di awal kata memiliki jenis huruf capital. Perbedaannya dengan Sentece case adalah awal kata per baris di jenis modifikasi Title menggunakan huruf capital, sedangkan pada Sentence case menggunakan huruf kecil di baris kedua dan seterusnya.
tOGGLE cASE = Membuat tulisan yang kecil menjadi capital dan sebaliknya.

Perbedaan TEXT dan MTEXT
Walaupun memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama untuk membuat text, tetapi TEXT dan MTEXT memiliki perbedaan yang agak mencolok. Yaitu pada TEXT akan menghasilkan tulisan dengan satu baris saja, artinya walaupun saat membuat tulisan dengan TEXT kalian membuat banyak baris sekaligus maka hasilnya akan tetap menjadi satu objek saja per barisnya. Sedangkan pada MTEXT akan menghasilkan tulisan dengan baris berapapun yang kalian mau, jadi tulisan yang sudah kalian buat berbaris-baris hasilnya akan menjadi satu objek saja.

Nah, untuk pembuktiannya kalian bisa coba sendiri di aplikasi AutoCAD kalian masing-masing kalian bisa lebih cepat memahami nya. Nah, sekarang kalian bisa mempraktekkannya di rumah, dan ingat sesuaikanlah kedua metode di atas sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.
Previous
Next Post »