Tutorial Perhitungan Perkalian Matriks dengan Ms. Excel ~ DYJ Tutorial

Tutorial Perhitungan Perkalian Matriks dengan Ms. Excel

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara perhitungan perkalian matriks menggunakan Microsoft Excel. Di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tutorial cara penjumlahan dan pengurangan matrik di excel, jadi artikel kali ini saya akan membahas cara menghitung perkalian matriksnya. Baik langsung saja simak tutorialnya berikut ini

Baca : Tutorial Perhitungan Penjumlahan dan Pengurangan Matriks di Excel

Baik, sebelum lanjut ke tutorial menggunakan software microsoft excel, jadi disini saya akan memberikan perhitungan perkalian matriks juga menggunakan sofware mathcad agar sebagai pembanding saja bahwa perhitungan menggunakan software excel adalah akurat.

Misal disini saya memiliki Matriks 3 x 3, Misal disini saya memiliki matriks A dan Matriks B

Dengan menggunakan software mathcad didapat perkalian matriks sebagai berikut ini


Perhitungan Perkalian Matriks dengan Ms. Excel

1. Ketik matriks A dan Matriks B, seperti pada gambar di bawah ini

2. Blok A8:C10 sebagai tempat untuk menempatkan hasil perkalian dari matriks A dan juga matriks B

3. Ketik =mmult(A3:C5;E3:G5), dimana A3:C5 merupakan matriks dari A, dan E3:G5 adalah matriks dari B

4. Klik shift + ctrl + enter, untuk memunculkan hasil dari matriksnya

Baik selanjutnya kita akan bandingkan hasil menggunakan sofware mathcad dan hasil menggunakan microsoft excel
Jadi dari hasil yang saya dapatkan dengan menggunakan mathcad dan juga dengan menggunakan mirosoft excel dapat disimpulkan hasilnya sama dan jika kalian menghitungnya dengan menggunakan perhitungan manual, hasilnya pun juga akan sama.

Kalian bisa coba menggunakan dengan jenis matriks yang lain misal 4x4, 5x5, dan jenis matriks lainnya hasil yang didapat pun pasti benar jika cara yang kalian gunakan juga benar. Dan jangan lupa gunakan aturan perkalian yang sama seperti yang ada pada matriks perhitungan manual. Jadi di excel kalian harus mengetahui berapa jumlah baris dan kolom dari matriks hasil yang didapat dari perkalian matriks yang ingin kalian hitung tersebut.

Baik, sampai disini dulu penjelasan saya mengenai perhitungan perkalian martriks menggunakan Microsoft excel. Pada artikel selanjutnya, saya juga akan membahas tutorial jenis-jenis perhitungan matriks lainnya pada microsoft excel.

Previous
Next Post »